Mololisa

Kabaena selain memiliki ribuan pohon komoditas semacam Jambu Mente, Coklat, Kopi dan juga pohon kelapa yang buahnya dapat dijadikan minyak. Pembuatan minyak kelapa merupakan tindakan pasca panen yang sangat penting untuk buah kelapa. Minyak kelapa merupakan bagian paling berharga dari buah kelapa. Minyak kelapa sering dipergunakan sebagai bahan baku industri dan pembuatan minyak goreng. Selain itu, minyak kelapa baik digunakan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Maka, tidak heran minyak kelapa atau yang biasa dikenal sebagai virgin coconut oil ini sempat menjadi incaran banyak orang.

Cara pembuatan minyak kelapa yang baik dapat meningkatkan dan menjaga kualitas dan kuantitas minyak yang dihasilkan. Minyak kelapa dapat diekstrak dari daging buah kelapa. Mengekstrak minyak dari daging buah kelapa merupakan teknik pembuatan tradisional yang masih sering dipergunakan karena mudah dilakukan serta tidak memerlukan banyak biaya. Namun masih terdapat kelemahan pada teknik tersebut yaitu rendahnya rendemen yang dihasilkan.

Di Kabaena, khususnya Rahampuu kegiatan membuat minyak kelapa ini merupakan rutinitas masyarakatnya yang disebut Monahu Mina.

Proses Pembuatan Minyak Kelapa


Daging Kelapa yang telah di parut


Kelapa Parut ditambahkan air sedikit dan dikucak menggunakan tangan


Kelapa parut diperas dengan cara jepit yang disebut Mololisa


Santan hasil perasan Mololisa


Santan dimasukan dalam kuali


Proses Pembuatan Minyak dengan memasak santan kelapa

Pembuatan minyak kelapa yang dilakukan masyarakat Kabaena masih tergolong sangat sederhana dan kurang efisien, sehingga hasil minyak kelapa yang diperoleh menjadi tidak maksimal. Kondisi buah kelapa yang digunakan dan teknik pembuatan minyak kelapa yang dipakai sangat menentukan rendemen minyak kelapa yang dihasilkan.

Dan cara pembuatan minyak kelapa yang lain, seperti cara fermentasi, dan cara lainnya dapat diobservasi lagi dan tentu harus ada pelatihan khusus dari dinas pertanian atau lembaga-lembaga pelatihan terkait, sehingga dapat dibandingkan hasilnya dengan teknik tradisional.

13 Responses to “Monahu Mina”

  • enaknya kalau ta’i mina buat sambel..

  • dulu pehedoaku mi momparu ni’i trus damasak mi santannya dan hasilnya langsung pake goreng pisang, dan ta’i minanya buat bikin sambel.. so nice.

  • dulu pekerjaanku mi begini momparu ni’i sampe luka luka tangan dan hasilnya langsung dipake buat goreng pisang…so nice.

  • darusman:

    hahaha ini pemandangan unik ketika melihat seseorang tangasa mongkaleka mina tanpa baju. mantappp

  • rhina bagea:

    siesi makaaa,,,,,mongka ta’imina ntamopoe tia ndoka kanahino mamaq,,hehehe

  • Syaf:

    Sangat potensial untuk menjadi produsen VCO. Siapa tahu ada investor yang tertarik, mengembangkan sektor pertanian jauh lebih baik daripada pertambangan.

  • Gali:

    Powehaku teete kaasi Yo Tai Minano, nta moweu Sambala Tai Mina nta helao hamo borona bobo hamo Niwuai mokuni, Ehm pasti turu ilimiu, he-he-he

  • nelly:

    inai coo da monahu yo mina ndaA mompake taiduba hahahaha

    • radith:

      Itulah seninya. Kiarimo monahu mina osie kolumpee dioho taiminano haa

    • Syaf:

      mokula kaasi…

    • rhina bagea:

      hmm,,,,namokula tada’a heheeh

  • raka:

    jadi ingat saat masih dikampung kaAsi

Leave a Reply

Instagram

Ketik Email Diceena:

Share |