Pantai Lanere

Satu lagi pantai di Kabaena yang patut kita kunjungi yaitu pantai Lanere. Pantai ini menawarkan keindahan yang dapat memberikan kepuasan batin kepada para pengunjungnya. Selain pasir pantainya berwarna putih yang berkilauan tertimpa sinar matahari, pemandangan alamnya juga akan menghipnotis para pengunjung sehingga betah berlama-lama di pantai ini. Dari pantai ini, para pengunjung dapat menyaksikan sunrise dan sunset dengan panorama air laut yang berkilauan. Dengan keindahan tersebut, pantai ini menjadi pantai dambaan siapa saja yang akan dan pernah mengunjunginya.


Lanere dengan hamparan Pasir Putih

Seperti halnya pantai yang ada di Kabaena, Lanere merupakan pantai yang masih memiliki hutan mangrove. Hutan mangrove ini merupakan tempat habitat beberapa spesies fauna, seperti: kunang-kunang yang dalam bahasa lokalnya disebut Ulimpopo, dan burung pantai lainnya.

Pantai Lanere terletak di Batuawu, Kabaena Selatan. Terbentang di pantai barat Batuawu. Karena dekat dengan pemukiman warga maka untuk menjaga kebersihan obyek wisata ini, selayaknyalah pemerintah setempat menghimbau masyarakatnya untuk melakukan aksi bersih-bersih agar pantai yang indah ini tetap indah dan tak ada sampah yang berserakan. Selain itu, perlunya fasilitas penunjang seperti: tempat istirahat, semacam bantea, agar pengunjung pantai dapat berteduh atau tempat koleha-leha.


Jalan Raya Batuawu


Jalan Raya Batuawu Menuju Pantai Lanere


Mesjid Raya Batuawu

Yang menjadi Keistimewaan lain dari Pantai Lanere adalah lokasinya yang berada tak jauh dari pantai Tabaro yang ditengarai angker yang didiami Jin mahakaya dengan julukan “mbue tabaro”. Dengan kata lain, jika pengunjung telah puas menikmati keindahan Pantai Lanere, maka dengan mudah dapat mengunjungi pantai Tabaro bagi yang gemar bertualang dan menelusuri kawasan-kawasan mistis.

9 Responses to “Pantai Lanere Batuawu”

  • kiva:

    Pantai yang masih alami. Mari diupayakan agar tetap menjadi tempat wisata yang bersih

  • rini:

    ternyata ada pantai indah yang bernama Lanere. Tentu merupakan daya tarik tersendiri untuk Batuawu yang memiliki pantai indah ini

  • Syaf:

    Pada awal tahun 90an, gunung laut di Maumere NTT meletus, akibatnya terjadi tsunami, ombak yang besar sampai ke pesisir Kabaena. Orang bajo Batuawu lari ke tengah kampung hingga di depan masjid lalu berteriak ” tolongiaku masigi…..”..

    • kabaena:

      masyarakat Bajo di batuawu mempercayai jika masjid Raya Batuawu punya karomah dan didiami oleh mbue “dai rapa masigi” yaitu seorang pemuka agama zaman mokole

  • zia:

    wahhh kampungku nan indahhh

  • azka:

    jadi pengen mengunjungi Lanere. Rupanya di Kabaena banyak pantai yang indah dan layak dikunjungi. Bravo Tokotua !!!

  • alika:

    Makin cinta deh ma aai :*

  • Gali:

    waaw, yang disudut ini, kelihatan pagarnya warna putih biru… ii khan rumah abang aku Kak Kharil Anwar (Kak Suri/Ta Ima) dan disananya lagi rumah …. eh mantan pacar. sayang kita tdk berjodoh he-he-he ahhhh masa lalu.

    • kabaena:

      wah jadi ingat masa lalu ya. Batuawu terlihat asri dan luas. masyarakatnya terkenal sangat ramah.

Leave a Reply

Instagram

Ketik Email Diceena:

Share |