Kabaena adalah pulau hunian yang menawarkan banyak lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Dari mulai wisata laut, wisata alam dan petualangan. Bagi Anda yang hobi pelesiran atau pernah ke Dongkala, belum lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi pulau yang satu ini, yaitu Damalawa.

Damalawa adalah sebuah pulau yang terletak di Dongkala, Kabaena Timur. Hanya membutuhkan 10 menit perjalanan dari Dongkala ke pulau Damalawa dengan menggunakan sampan atau yang lazim disebut koli-koli. Udaranya yang sejuk khas pegunungan merupakan tempat yang cocok untuk tujuan wisata anda. Dari bibir pantai, anda dapat menikmati panorama laut biru berlatar kaki langit yang juga biru. Samar-samar di kejauhan membias hijau Pulau Talabasi.

Pulau Talabasi yang berdekatan dengan Pulau Damalawa juga memiliki pesona alam yang menawan. Pulau ini tanpa penghuni, pantainya memiliki aneka kerang laut semacam: matamoravu, kalantue, bibia, dll.

Hamparan pasir pantai Damalawa yang luas dan bersih menjadikan kawasan ini nyaman digunakan untuk berjemur atau melakukan aktivitas olahraga, seperti voli pantai dan sepakbola pantai atau bagi yang membawa peralatan bisa melakukan diving. Karena belum tercemar limbah tambang, air laut di pulau Damalawa sangat jernih dan bersih sangat mendukung aktivitas pengunjung yang ingin berenang atau menyelam. Selain itu, ombaknya relatif tenang dan menjadi rumah bagi banyak ikan, sehingga tepat sekali digunakan sebagai area memancing atau metonda.

Suasana kawasan ini kian mengagumkan menjelang detik-detik terbitnyanya matahari [sunrise] yang mengesankan di balik pulau yang terdapat di sekitar kawasan pantai Damalawa. Jika PEMDA setempat menggalakkan pariwisata lokal di kawasan ini maka pulau Damalawa adalah pilihan pengembangan yang tepat sebab sunrise disini juga tak kalah dengan pantai Sanur Bali yang terkenal dengan Sunrise Beach karena lokasinya yang berada di sebelah timur Pulau Bali seperti halnya pulau Damalawa yang terletak di sebelah timur pulau Kabaena.

Melihat panorama bawah laut di sekitar Damalawa bisa pengunjung nikmati yaitu gugusan karang dan koral yang mengitari pulau. Semoga terumbu karang di sekitar pulau Damalawa ini tak rusak akibat masih adanya nelayan penangkap ikan yang menggunakan bahan peledak.

Damalawa, pulau yang sepanjang pantainya ditumbuhi bakau yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Dan pulau ini merupakan ikon pariwisata Kabaena Timur sekaligus menjadi salah satu tujuan wisata keluarga yang menyenangkan.

Mengunjungi pulau Damalawa tak seperti mengunjungi tempat wisata lainnya yang sudah terkenal. Anda harus membawa perbekalan sendiri sebab tak tersedia cafe di tempat ini. Namun kita tetap optimis jika Kabaena sudah menjadi sebuah kabupaten sendiri tentu pulau Damalawa ini lambat laun akan dijadikan tempat wisata yang mempunyai banyak fasilitas pendukung semacam cafe dan peralatan menyelam.

Sumber gambar:
Firman Sofyan

16 Responses to “Pulau Damalawa”

  • firman:

    waktu lompat hampir runtuh jembatannya…hahahahaha….berkunjunglah dikabaena,disana kalian akan disuguhkan panorama alam yg sangat indah…hahahaha,,,

    • indah:

      sering lihat di TV fotografer memotret org yang lagi lompat. Ini disebut levitasi. Keren…

      • firman:

        itu cuma foto pake hape…makasih byk commentnya….

  • indah:

    boleh juga tuh foto yang lompatan diatas jembatan

  • firman:

    Kabaena Island is a wonderful place,it is my dream Land…forever…

  • firman:

    Inilah realita keindahan pulau kabaena,indahnyaaaaa,moico eaa…hehehehe

    • kabaena:

      kita berharap agar tetap indah demi generasi mendatang. Thx sahinaa atas kiriman gambarnya

    • ab_nbx:

      sampai kapan pemandangan ini akan bertahan? tatkala penambangan mulai bergelimpangan d kabaena? mungkin yg akan terjadi brikutnya adalah…airnya keruh, terumbu karang pada hancur, ikannya pada mati n susah lagu untuk mancing…dst

  • kamal:

    sunsetnya sangat mengagumkan. ppengen kesana kl saya pulkam. makasih informasinya sahinaa

  • nila:

    mokoau onto pulau-pulau yang ada di kampoku

  • nelly:

    tempat yang menyenangkan, tak harus jauh2 mencari tempat berwisata atau weekend

  • mei:

    aq udah pernah ke pulau ini. apa yang dituliskan memang begitu adanya bahkan jika saat air laut surut kita bisa mendapatkan banyak kerang dan kima untuk dijadikan santapan saat berwisata

    • darusman:

      jika demikian harus membawa korek api ya buat bakar-bakar kerang

  • radith:

    Mantap juga nih cuman jaraknya terlalu jauh dari kabaena barat menuju damalawa. Suatu saat saya akan ketempat itu

  • amaliyah:

    Suasana pemandangannya tdk jauh beda dgn suasana di Pulau Bangko.

  • uzia:

    ternyata banyak kawasan wisata di kabaena yang luput dari pengetahuan kita. makasih infonya.

Leave a Reply

Instagram

Ketik Email Diceena:

Share |