vuampana-2

Vuampana – Photo – By : Muhammad Yusuf

Sulawesi Tenggara yang tersusun atas puluhan pulau-pulau ini memang memiliki kelebihan dibanding kepulauan lainnya. Kita harus berbangga hati! Dari sekian banyak pulau yang tersebar dari Sabang hingga Marauke, tak sedikit pulau kecil yang memiliki keindahan di atas rata-rata. Setidaknya, bisa bikin kita terpana melihat panorama yang tersaji.

Sebutlah pulau Kabaena, ini memang layak masuk ke dalam daftar salah satu pulau terindah di Indonesia. Selain keindahan alamnya juga memiliki banyak tumbuhan unik dan langka, seperti Vara’u, molouo dan vuampana.

vuampana-4

Vuampana – Photo – By : Fatmawati Jouzu

Vuampana, buah unik khas Kabaena merupakan buah dari tumbuhan liar, hingga kini penulis belum tau apa nama ilmiah dari vuampana ini. Di daerah Cianjur Jawa Barat terdapat tumbuhan ini, mereka sebut  buah PINING sedangkan masyarakat Tasikmalaya dan Ciamis menyebutnya PARAHULU, namun ketika penulis googling tidak menemukan buah yang dimaksud. Tumbuhan vuampana juga terdapat di daratan pulau Muna, penduduk local menyebutnya  buah RUMBA .

vuampana-8

Pohonnya Termasuk Marga Jahe-Jahean (Pic: wikipedia)

Vuampana ini jika di identifikasi merupakan tanaman jahe-jahean. Mungkin saja bahasa latin dari marga Vuampana ini adalah Amomum yakni nama marga tumbuh-tumbuhan dari suku jahe-jahean. Marga ini terutama dikenal karena menghasilkan aneka jenis kapulaga pengganti (false cardamom). Selain itu, beberapa jenisnya menghasilkan buah yang dimakan segar, atau dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional.

Vuampana rasanya asam manis, tekstur daging buahnya mirip leci atau ciplukan. Tumbuh subur di hutan hujan tropis diatas 1200 Mdpl.

vuampana-3

Vuampana – Photo – By : Fatmawati Jouzu

Seperti halnya tanaman Laos, Vuampana merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat Bajo memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan camilan. Pemanfaatan Vuampana untuk masakan dengan cara membuka kulit cangkangnya kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan utamanya untuk masakan ikan. Masakan yang menggunakan bumbu penyedap Vuampana sangatlah nikmat rasanya. Orang Kabaena bilang: “Na Ngkonami!”

13 Responses to “Vuampana”

  • maulana_zulfikar:

    ini seperti buah hazelnut. Rasanya gurih. sangat disukai oleh primata juga ❤

  • Indah Gwe:

    Indonesia kaya akan buah-buahan. Tiap daerah punya buah khas masing-masing.

  • nana_209:

    mirip tandan buah salak cuman beda warna dan bentuk. Pengen nanam dibelakang rumah tapi gimana ya cara dapat bibitnya 😎

  • Martius Gabriel:

    belum pernah liat di kampung saya di maluku. Mungkin adanya hanya di sulawesi 😀 😀 😀

  • Rafael:

    Trees and forests provide critical wildlife habitat, and they clean the water we drink and the air we breathe. These forests provide many wood products and recreational activities, which support and enrich our lives. 😮

  • Mahyudin Ali:

    belum pernah liat pohonnya. Sepertinya daerah kalimantan ada di hutan2 cuman blm ada penduduk lokal yang mengkonsumsinya

  • NHDFL:

    The tracking list was developed in cooperation with professional and amateur botanists, conservation organizations, and other knowledgeable individuals. It includes the 288 species listed as endangered and threatened under the Native Plant Protection Act plus 98 others that are considered rare but do not have legal status.

  • Calista Siagian:

    mungkin ini tanaman obat herbal juga bro. Bisa dicoba budidayakan. Kira2 nama ilmiahnya itu apa ya

  • Nur Alam:

    sepertinya daerah pekalongan nggak ada buah ginian. Unik juga ya bentuknya semacam buah rambutan :)

  • Nur Safitri:

    Subhanalllah. baru liat buah seperti itu

  • Ustuhri:

    kayaknya bisa di buat kripik ya

  • Malika:

    baru liat buah seperti ini. bisa dibudidayakan ngga min

    • Admin:

      @Malika: sepertinya bisa sebab ini varietasnya lengkuas

Leave a Reply

Instagram

Ketik Email Diceena:

Share |